Kamis, 11 Agustus 2011

Ikon dan menu pada Corel Draw 12


CorelDraw adalah editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terakhirnya versi 15 yang dinamai X5 dirilis pada tanggal 23 Februari 2008. Corel Draw pada awalnya dikembangkan untuk dijalankan pada sistem operasi Windows 2000 dan yang lebih baru. Versi Corel Draw untuk Linux dan Mac OS pernah dikembangkan, tetapi dihentikan karena tingkat penjualannya rendah.Pada post kali ini kelompok kami akan menjelaskan tentang fungsi masing masing menu dan ikon pada Corel Draw 12.




Tittle bar
image
Title bar adalah bagian paling atas dari jendela program CorelDraw 12. Pada Title bar ini terdapat tulisan CorelDRAW 12 serta nama dokumen yang sedang aktif atau sedang terbuka. Jika kamu membuka dokumen baru, CorelDRAW akan secara otomatis menamainya "Grafik 1, 2, 3 dan seterusnya.
Menu Bar
image
Menu Bar adalah bagian yang letaknya tepat di bawah Title Bar. Pada Menu Bar Kamu bisa menemukan semua menu perintah berdasarkan kategori kesamaan fungsi. Kategori menu perintah berdasarkan kategori kesamaan fungsi, diantaranya adalah : File, Edit, View, Layout, Arrage, Affects, Bitmaps, Text, Tools, Windows dan Help
Tool Bar
image
Toolbar adalah bagian yang letaknya tepat di bawah Menu Baru. Pada bagain ini terdapat ikon-ikon yang merupkan shortcut menu-menu perintah yang paling sering digunakan dalam pekerjaan desain. Menu-menu perintah yang shortcut-nya ada pada Toolbar antara lain adalah New, Open, Save, Print dan sebagainya
Toolbox
image




ToolBox adalah bagian yang letaknya vertikal pada sisi kiri jendela program. toolbox ini berisi ikon semua tool (alat) yang bisa digunakan untuk membuat atau mengedit objek-objek dalam sebuah desain.






Property bar
image
Property Bar adalah bagian yang berfungsi untuk menampilkan semua properti-parameter bantuan yang disesuaikan dengan tool atau fasilitas yang sedang aktif di jendela program CorelDRAW 12. Property Bar memungkinkan kamu mengatur atau memanipulasi objek-objek yang ada di kanvas, mengatur ukuran dimensional kanvas, mengatur nilai tool-tool yang digunakan dan sebagainya.
Property Bar umumnya terletak tepat di bawah Menu Bar, yang memudahkan kamu mengaksesnya secara cepat.
Document navigator
image
Documen Navigator adalah bagian di bawah Drawing Windows tepat di atas Status Bar, yang fungsinya mengatur jumlah halaman dalam sebuah dokumen serta halam mana yang aktif. Corel juga memungkinkan kita untuk bekerja pada banyak halaman dalam sebuah dokumen file yang sama.
Tool
Pick Tool
imageTool ini berfungsi untuk menyelesi objek, juga bisa digunakan untuk mengubah ukuran dimensional, toleransi dan kemiringan objek.
Shape tool
imageTool ini berfungsi untuk mengubah bentuk objek dengan mengedit titik-titik (node) penyusunan objek tersebut.
Knife tool
imagetool ini berfungsi untuk memotong objek menjadi beberapa bagian
Eraser tool
imagetool ini berfungsi untuk menghapus/menghilangkan sebagian area objek yang dikenainya.
Smudge tool
imagetool ini berfungsi untuk mengubah bentuk objek dengan jalan mendistorsi area pinggiran (otline) objek
Roughen tool
imagetool ini berfungsi untuk mendistorsi bentuk object menjadi bentuk kasar pada area pinggiran
Free transform tool
imageTool ini befungsi untuk mengubah posisi objek dengan empat pilihan perubahan, yaitu Free Rotation (mengubah rotasi), Free Angle Flection (perubahan sudut reflesi), free Scale (perubahan skala) dan Free Skew (perubahan kemiringan)
Virtual segment delete tool
imagetool ini berfungsi untuk menghapus/menghilangkan segment (garis antar node) yang berada pada persinggungan (intersection0 antar objek-objek yang berbeda.
Zoom Tool
imageTool ini berfungsi untuk mengubah perbesar objek. Kamu bisa memperbesar (zoom in) atau memperkecil (zoom out). Perubahan ukuran dimensional objek bersangkutan
Hand tool
imageTool ini berfu ngsi untuk menggerak-gerakkan area kanvas sehingga kamu bisa menampilkan area yang dikehendaki. Hal ini sangat bermanfaat ketika kamu berkerja pada perbesar tertentu, sementara monitor yang kamu gunakan tidak dapat menampilkan keseluruhan area kanvas. Juga berguna untuk memfokuskan tampilan pada area yang dikehendaki.
Pen tool
imageTool ini berfungsi untuk membuat garis (segment) secara langsung. Gunakan tool ini untuk menggambar baik garis lurus maupun lengkung.
Polyline tool
imagetool ini berfungsi untuk mengambar banyak garis secara bersambung berdasarkan area yang anda klik
Freehan tool
imageberfungsi untuk menggambar garis bebas berdasarkan area yang terkena gerakan mouse mu. Gunakan tool ini untuk menggambar seperti saat kamu menggambar secara manual















Bazier tool
imageberfungsi untuk menggambar garis lurus maupun lengkung berdasarkan titik-titik tempat kamu mengklik

3 Point curve tool
imageberfungsi untuk membuat objec kurva dengan menentukan tiga titik patokan, yaitu titik awal (start point), titik tengah (center point) dan titik akhir (end point)
Artistic media tool
imageberfungsi untuk membuat garis bebas dengan tipe goresan tertentu sesuai pilihan kamu. Terdapat empat pilihan tipe goresan, yaitu Brush, Sprayer, calligraphic dan Pressure.
  1. Brush = yaitu tipe goresan seperti kuas cat
  2. Sparyer = yaitu tipe goresan seperti semprotan dengan model beragam.
  3. Calligraphic = yaitu tipe goresan kuas yang digunakan untuk membuat lukisan kaligrafi
  4. Pressure = yaitu tipe goresan berdasarkan tekanan tertentu


Dimension tool
imageBerfungsi untuk membuat garis horizontal, vertikal atau dengan sudut tertentu berdasarkan suatu ukuran dimensi
Interactive Connector tool
imageBerfunsi untuk membuat garis persambungan antara dua objek atau lebih
Smart Drawing tool
imageBerfungsi untuk mengenali goresan bebas yang kamu buat menjadi objek-objek tertentu atau kurva halus. Tool ini merupakan fitur andalan CorelDraw
Rectangle tool
imageTool ini berfungsi untuk membuat objek kotak atau bujur sangkar secara bebas berdasarkan area yang anda tarik
Ellipse tool
imageberfungsi untuk membuat objek lingkaran atau elips secara bebas berdasarkan area yang kamu tarik.
Eyedropper tool
imageberfungsi untuk mengambil sampel properti suatu objek, seperti warna isi (fill), garis pinggir (outline) maupun berbagai efek yang diterapkan pada objek tersebut, seperti drop shadow, perspective, envelope dan sebagainya.
Interactive fill tool
imageberfungsi untuk mengaplikasikan beragam pilihan fill pada suatu objek
Fill tool
imageberfungsi untuk mengatur porperti fill yang kamu inginkan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar